Ini Dia Syarat Maklon Kosmetik, Perhatikan ini Sebelum ke Perusahaan Maklon

Syarat maklon kosmetik perlu diperhatikan untuk kamu yang terpikir memulai Kerjasama dengan pabrik maklon kosmetik ya dears. Memiliki brand kosmetik dengan merek sendiri bukan sesuatu hal yang sulit lagi saat ini. Kamu dapat dengan mudah mendapatkan informasi maklon kosmetik dari manufacture kosmetik dan skincare.

 

Maklon Kosmetik adalah pengerjaan produk kosmetik yang dilakukan oleh pihak lain (pihak lain disini ialah pabrik kosmetik). Itu artinya kamu menguasakan secara penuh kepada pihak pabrik kosmetik untuk membuat produk kosmetik kamu.

 

Bisakah membuat produk sendiri tanpa pabrik maklon?

Bisa, tapi harus membangun pabrik dan mendapat izin CPKB.  Mengapa demikian?  Karena tidak semua orang bisa membuat kosmetik, hanya perusahaan maklon kosmetik yang memiliki izin CPKB (cara kosmetik yang baik) yang bisa memproduksi kosmetik dan mendaftarkan produk kosmetik ke Badan POM.

 

Perlu kamu tau nih dears, persyaratan maklon tidak serumit yang kamu kira.  Kamu dapat melihat alur maklon kosmetik secara jelas. Selain itu kamu bisa melihat informasi ini di laman setiap perusahaan maklon atau bisa chat team support untuk info validnya.

 

Tak bisa kamu pungkiri sebelum memulai bisnis kosmetik, Kamu harus mengetahui syarat yang dibutuhkan untuk membuat produk kosmetik merek sendiri. Yuk simak dibawah :

  • Merek yang sudah terdaftar Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, ini dibuktikan dengan adanya sertifikat merek atau bukti pendaftaran merek. Kamu bisa daftar sendiri atau diserahkan ke perusahaan maklon untuk bantu urus.
  • Menyiapkan BPOM
  • Menyiapkan Dana administrasi dan produksi
  • Menyiapkan konsep produk skincare dan kosmetik mulai dari bahan aktif hingga kemasannya.

 

Secara garis besar, syarat maklon kosmetik terbagi menjadi 4 poin di atas.  Selebihnya untuk persiapan, pendaftaran, pengemasan dan produksi akan dilakukan oleh perusahaan kosmetik.  Untuk gambaran lengkap dari 4 poin ini.

 

 

4 Syarat Maklon Kosmetik

Menyiapkan Merek

Persyaratan pertama untuk maklon adalah mendaftarkan merek kosmetik.  Hal ini menjadi syarat dasar untuk kebutuhan wajib sebagai lampiran pendaftaran ke Badan POM. Merek produk kosmetik menjadi penanda dan pembeda brand kamu dengan brand orang lain.

 

Merek adalah lambang yang ditampilkan dalam bentuk gambar, lambang, nama, kata, huruf, angka, atau skema warna yang membedakan produk lain. Jangka waktu merek ini cukup Panjang lho dears yaitu 10 tahun dan dapat diperpanjang untuk waktu 10 tahun maksimal 6 bulan sebelum masa kepemilikan berakhir.

 

Jika Kamu ingin mendaftar, Kamu harus menyiapkan berkas seperti surat kuasa bermaterai (jika diperlukan), NPWP, fotokopi KTP, logo atau merek dan pernyataan hak cipta.  Kemudian daftarkan ke merek.dgip.go.id.

 

Jika tidak ingin repot bisa menghubungi tim support kami. Kami akan membantu Kamu untuk mendaftarkan merek Kamu sesuai dengan permintaan Kamu.

 

Menyiapkan BPOM

Persyaratan wajib kedua untuk kosmetik adalah penyiapan berkas atau dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran BPOM.  Pendaftaran BPOM dapat dilakukan saat merek dagang Kamu keluar.  BPOM dapat didaftarkan oleh hanya pabrik kosmetik dan kamu tidak bisa daftar sendiri ya dears.

 

Mengapa Kamu tidak bisa mendaftar sendiri ke BPOM?

Karena riset, penanggung jawab untuk pengajuan BPOM produk kosmetik hanya diberikan kepada pabrik kosmetik yang sudah berlisensi CPKB. Jadi kamu tidak bisa daftar BPOM produk kosmetik kamu sendiri ya..

 

Setiap produk memiliki produk memiliki NA BPOM berbeda dan tidak boleh digunakan untuk produk lain.  Misalnya, satu produk masker mengandung 3 jenis (Mugwort, Saffron dan kunyit) dan diperlukan 3 notifikasi BPOM.  Untuk lebih jelasnya, Kamu dapat menghubungi kami terlebih dahulu.

 

Baca Juga : Cara Cek BPOM Kosmetik

 

Menyiapkan Dana

Kebutuhan dana atau modal untuk maklon kosmetik adalah sebuah kepastian. Tentu saja, tanpa dukungan finansial, Kamu tidak akan bisa maklon di pabrik kosmetik untuk membuat produk yang sudah Kamu konsepkan.

 

Secara garis besar kebutuhan dana investasi kosmetika terbagi menjadi 2 kategori, yaitu: kebutuhan dana administrasi dan kebutuhan dana produksi.  Namun secara umum, dana yang Kamu butuhkan antara lain:

  • Biaya Daftar HKI dan BPOM
  • Riset Sampel Produk
  • Produksi Produk Kosmetik
  • Kemasan Botol & Inner dus (Stiker dan dus)

 

Daftar di atas sudah meliputi keseluruhan biaya maklon kosmetik. Untuk lebih lengkap kamu bisa konsultasi ke customer support beautycorp ya.

 

Menyiapkan Ide Produk

Faktor yang tidak kalah pentingnya adalah menyiapkan konsep produk yang ingin Kamu buat.  Konsep ini dapat mencakup formulasi produk, kemasan botol, dan desain kemasan. Beauty Cosmetics Corporation siap membantu Kamu menyiapkan segala urusan maklon kosmetik dari awal hingga produk siap di pasarkan

 

Kamu harus melihat referensi produk yang ada di pasaran dan bisa dijadikan acuan produk.  Hal ini biasanya dilakukan untuk memberikan gambaran yang utuh tentang konsep produk yang akan dibuat.

 

Ini dia syarat maklon kosmetik di beautycorp.  Mudah bukan?  Beautycorp berkomitmen untuk membantu Kamu dan kami telah berpengalaman dan percaya diri di bidang pembuatan kosmetik dan skincare.  Kami percaya, melalui kami impian Kamu untuk memiliki merek kosmetik dan skincare sendiri dapat terwujud.

Loading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Contact Support Yuk!